Write for Rights 2021: Desak Israel lindungi Janna Jihad, jurnalis muda Palestina pembela HAM!

Di Tepi Barat yang diduduki Israel, seorang jurnalis muda Palestina sering mendapat ancaman pembunuhan karena aktivitasnya membela HAM. Desak Israel lindungi Janna Jihad dari diskriminasi dan kekerasan!   

Janna Jihad hanya ingin punya masa kecil yang normal. “Layaknya anak-anak lainnya … Aku hanya ingin bermain sepak bola dengan teman-temanku tanpa harus dihujani gas air mata,” ucapnya. Sayangnya, remaja berusia 15 tahun tersebut tinggal di Tepi Barat Palestina yang diduduki Israel. Kehidupan di bawah diskriminasi sistematis jelas tidak bisa disebut normal.  

Saat Janna berusia tujuh tahun, militer Israel membunuh pamannya. Janna menggunakan ponsel ibunya untuk merekam dan menunjukkan tindakan brutal dan rasis yang dialami komunitasnya kepada dunia. Di usia 13 tahun, Janna diakui sebagai salah satu jurnalis paling muda di dunia lewat dokumentasinya terhadap represi dan perlakuan Angkatan Bersenjata Israel yang kerap mematikan terhadap orang-orang Palestina. 

Perlakuan tersebut mencakup sergapan malam, penghancuran perumahan dan sekolah-sekolah, serta penindasan terhadap para komunitas yang berani membela hak-hak mereka sendiri.   

Anak-anak Palestina ikut terkena imbas perlakuan tersebut. Banyak di antara mereka yang dibunuh dan dilukai oleh pasukan Israel. Meskipun Israel sudah meratifikasi Konvensi Hak-hak Anak (Convention on the Rights of the Child), Israel tidak mengakui cakupan konvensi tersebut terhadap anak-anak Palestina yang hidup di Tepi Barat. Hal tersebut bertolak belakang dengan anak-anak Israel yang mendapatkan perlindungan konvensi tersebut—bahkan mereka yang tinggal di pemukiman-pemukiman ilegal dekat Janna.  

Kini, jurnalisme Janna telah membuatnya menjadi target intimidasi, pelecehan, dan berbagai ancaman pembunuhan. Tapi, Janna menolak untuk menyerah. “Aku ingin mengetahui apa makna kebebasan di tanah airku sendiri, apa makna dari keadilan, kedamaian, dan kesetaraan tanpa harus menghadapi rasisme sistematis,” ucap Janna.   

Mari bantu Janna mewujudkan hal tersebut. 

Desak Israel lindungi Janna Jihad dari diskriminasi dan kekerasan!

    Sign in with Facebook or email.