Malam Solidaritas untuk Meliana dan Kemerdekaan Berekspresi.

Pernah nggak sih kamu membayangkan bahwa kita bisa dipenjara cuma karena pendapat pribadi yang disampaikan dengan damai? Sayangnya, ini benar bisa terjadi, dan ini yang menimpa Meliana baru-baru ini. 

Peristiwa ini bermula dari curhatnya di warung seorang tetangga perihal suara azan yang ia anggap terlalu keras pada 22 Juli 2016. Tapi curhatan itu menyebar luas dan menciptakan desas-desus bahwa Meliana adalah 'orang yang melarang azan'. 

Desas-desus itu sayangnya menciptakan kemarahan warga. Selang beberapa hari, pada 29 Juli 2016 Meliana dan empat anaknya diserang massa. Bahkan setelah itu terjadi perusakan rumah ibadah umat Buddha yang berujung pada tindak kriminal. 

Tak lama kemudian, terdesak tekanan massa yang kuat, Kejaksaan Negeri Tanjung Balai mengeluarkan surat perintah penahanan Meliana hingga vonis atas Pasal 156 subsidair Pasal 156a huruf (a) KUHP dijatuhkan. 

Meliana kini harus meringkuk selama 1,5 tahun dalam tahanan -- jauh dari keluarganya hanya karena menyampaikan pendapat. Kasus Meliana menambah panjang deret kasus-kasus serupa, di mana tuduhan menodai agama telah banyak digunakan untuk memenjarakan ekspresi, kebebasan berpikir, berkeyakinan, dan mengatur bagaimana orang dapat beribadah di Indonesia. 

Amnesty International mengajak kamu untuk mendesak berbagai instansi pemerintah yang berwenang untuk mengusahakan pembebasan Meliana dan menghapus pasal-pasal pidana penodaan agama. Caranya gimana? 

Ayo bergabung bersama dalam Malam Solidaritas untuk Meliana dan Kemerdekaan Berekspresi.  

Acara akan berlangsung selama 2 jam di Taman Aspirasi, Monas.

Dresscode: baju putih.


Berikut event rundown-nya: 

 

 

WHEN

September 12, 2018 at 5pm - 7pm

WHERE

Taman Aspirasi - Monas
Jl Medan Merdeka Sel RT5/RW2 Gambir
Kota Jakarta Pusat,, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110
Indonesia
Google map and directions

CONTACT

Amnesty International Indonesia · · (021) 3915698

59 RSVPS

Amar Maruf Isti Toq'ah Raxel Edo Bramasta Adwitya Rafi Aqilla Roland Aser Cary Greant Rian Affandi Wiwiek Barnas Pitri Indrianingtyas Dewi Nurrizqi Indraputri Alfa Yulian Firmansyah ika elma triana Rr Nabila Wahyu Apriyanti Arindito Bima Swandana Qinanto Fauzisaputro Rebiyyah Salasah Arissuno Matsuzaki

Who's RSVPing

Will you come?

Please check your e-mail for a link to activate your account.